budi datun jadi pendongeng

Seminggu lewat, di parkir wisma batamindo, mukakuning, saya bertemu pelukis batam yang lama tak jumpa. Dia, budi datun. begitu berpapasan, kami langsung duduk di trotoar. Lalu pelukis yang tinggal di perumahan Bidaayu, Sungai Beduk, Batam ini bercerita saat ini tengah rajin mengumpulkan anak-anak kecil yang ada di sekitar rumahnya untuk diajaknya mendengarkan dongeng.

Ya, dengan jujur Budi mengakui hobi barunya. Awalnya ia mengajari sang anak agar begini dan begitu (tentu saja untuk maksud yang baik), ternyata betapa sulitnya memberikan kesadaran itu. Tak sengaja ia ngobrol dengan sang anak dengan gaya mendongeng. Budi terkejut sewaktu melihat perubahan sikap pada anaknya itu. Dari anak sendiri, saat ini sedikitnya 10 anak rajin datang ke rumahnya untuk mendengarkan cerita yang disisipi nasihat-nasihat bijaksana.

Terus bagaimana melukisnya? Rupanya Budi tetap menekuni kegiatan yang sudah mendarah daging ini. “Tetapi lukisan saya kok sepertinya mengandung nasehat-nasehat dongeng itu. Secara tak langsung saya merasakannya,” ungkap dia.

Sementara, kegiatan mendongeng ini dilakukan di mushola dekat rumahnya, kadang di rumah. Budi coba mencari lokasi untuk mendirikan sanggar dongengnya. Kelak, di tempat ini, selain anak-anak bisa mendengarkan dongengan Budi, juga bisa belajar melukis, bermain alat musik dan kretivitas lain. Selamat berkarya, Mas Budi Datun!

3 Comments

  1. BUDI_DATOEN said,

    October 20, 2009 at 3:13 pm

    Alhamdulillah mas…sampai sekarang masih eksis…berkat doa mas..

  2. yoga said,

    March 4, 2010 at 3:01 am

    bravo coy,hajar karyanya terus biar tambah mendunia

  3. datun said,

    March 6, 2010 at 4:26 am

    sekarang dah py situs resmi nehh…BANGKIT STUDIO.. bagi yang mampir di komentari yaa….terimakasih…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: