A>>Mukadimah

Art is the part of human being

Selamat datang perupa, peminat seni rupa, warga biasa, kolektor atau siapapun anda yang percaya seni adalah bagian dari hidup. Sebagai sebuah kota modern, Batam kini menjadi bagian penting dari sebuah provinsi baru bernama Kepulauan Riau. Nyaris semua sudut berbenah menyambut kedatangan provinsi ini. Sayang ada yang terlupa.

Justru keindahan itu sendiri yang belum (baca tak) terpikirkan. Padahal ibarat bebungaan, Batam banyak didiami oleh perupa yang hijrah dari kampung halamannya nun jauh di sana juga perupa yang lahir dan besar di sini. Mereka sudah tumbuh, sudah memekarkan bunganya. Ya, ketidaktersediaan ruang bagi mereka untuk menggagas ide orisinil adalah salah satu hambatan mengapa seni rupa batam belum (baca tidak) dikenal. Menunggu perhatian pemerintah bukan pekerjaan yang tidak dilakukan pelaku seni dikota ini, namun kenyataannya yang ditunggu dan diharapkan tak kunjung datang.

Halaman ini terlalu mewah jika dikatakan mewakili ruang para perupa Batam untuk menumpahkan ide kreatifnya. Namun saya punya harapan paling tidak bisa dijadikan acuan bagi siapapun juga yang ingin melongok sedikit dunia seni rupa di Batam. Awalnya saya hanya mencoba mengisi halaman ini dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan seni rupa di Batam, di mana saya tinggal. Namun atas saran sejumlah pelukis, akhirnya jadilah seperti ini. Semoga saya rajin mengupdate beritanya agar halaman ini tak mati. Saya mohon maaf, sebagai seorang pengagum lukisan dan hasil karya seni lain, hanya ini yang bisa saya berikan. Kepada seniman di Batam (baca Kepri) yang ingin berpartisipasi, menyodorkan biografi, karya-karya, kritikan dan apapun itu yang bertujuan memperkaya isi halaman ini, saya mengucapkan terima kasih tak terhingga.

Sekali lagi, majulah terus Pelukis Batam (Indonesia!)

1 Comment

  1. budi said,

    December 28, 2011 at 7:25 am

    Assalamualaikum…selamat beraktifitas apa saja bagi semua pembaca yang kebetulan sedang membaca tulisan ini.. dan terimakasih bagi yang telah menyediakan ruang ini bagi kami para pelukis batam. Mohon maaf sebelumnya, sebagai seorang pelukis yang selalu di sibukkan dengan urusan perut,ide,dan kretifitas,sehingga baru kali inilah saya membaca ternyata ada sedikit ruang di halaman ini. Semua ini merupakan bukti bahwa pelukis batam masih jauh dari harapan karena perlengkapan untuk mengakses ke dunia luar masih sangatlah minim. Ibaratnya jangankan untuk membeli notbook,pc.lptop ataupun hp yang berfasilitaskan internet..untuk hidup sehari hari saja kadang masih lah sangat sulit. Untuk itu mudah2an dengan adanya halaman ini,ada sedikit perhatian dari pemerintah yang mau menggerakkan idenya untuk memberi ruang sedikit saja pada perupa perupa batam agar tidak mati sebelum berkembang demi kemajuan pariwisata batam juga untuk kita INDONESIA. budi_datoen@yahoo.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: